Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Ilmu Gulma di Fakultas Pertanian Undana

Print Friendly and PDF Gulma merupakan kendala produksi yang sangat penting pada pertanian lahan kering. Hal ini terjadi karena pada pertanian lahan kering tidak terdapat genangan air yang dapat menghambat pertumbuhan gulma. Pertanian lahan kering dilakukan hanya pada musim hujan sehingga seluruh bank biji gulma selama satu tahun terakumulasi untuk berkecambah pada musim tanam. Oleh karena itu, satu-satunya kegiatan perlindungan tanaman yang selalu dilakukan pada pertanian lahan kering adalah pengendalian gulma. Meskipun demikian, gulma merupakan kendala produksi yang paling sedikit mendapatkan perhatian dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Undana.


Hal ini terjadi karena dari segi kelompok ilmu, ilmu gula seharusnya bergabung dalam bidang ilmu agronomi. Akan tetapi, pada Program Studi Agronomi, ketika perogram studi yang ada belum dilebur menjadi Agroteknologi, tidak ada dosen yang memfokuskan perhatian penelitiannya pada gulma. Mungkin karena kurangnya dorongan dari dosen, perhatian mahasiswa untuk meneliti gulma sebagai skripsi pada Program Studi Agronomi juga hampir tidak ada. Sementara itu, pada Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, perhatian dosen dan mahasiswa pada gulma tidak dimungkinkan oleh batasan hama dan penyakit tumbuhan sebagai folkus perhatian. Penelitian mengenai gulma pada Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan terbatas pada pengendalian gulma menggunakan musuh alami, semisal pengendalian gulma Chromolaena odorata menggunakan ngengat dan lalat puru.

Hal ini sungguh sangat ironis mengingat begitu pentingnya gulma sebagai kendala produksi pada pertanian lahan kering. Berbagai hal masih perlu diteliti mengenai peran gulma sebagai kendala produksi, mulai dari identifikasi jenis-jenis gulma, hubungan padat populasi gulma dengan produksi tanaman, penentuan masa kritis persaingan gulma dan tanaman, dan sebagainya. Hampir seluruh jenis gulma yang terdapat Provinsi Nusa Tenggara Timur belum pernah diteliti, apalagi dideskripsikan. Oleh karena itu, peluang mahasiswa untuk melakukan penelitian mengenai gulma masih sangat terbuka.