Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Rumput: Berbuah atau Berbiji?

Print Friendly and PDF
Bunga rumput
Setiap semester memberikan kuliah Ilmu Gulma, saya selalu mendapatkan pertanyaan, apakah rumput berbuah atau berbiji? Lebih khusus lagi, mana yang benar, buah rumput atau biji rumput? Rumput merupakan kategori gulma yang sangat umum, meskipun demikian juga merupakan kelompok tumbuhan yang kurang dimengerti. Ke mana pun pergi, kita akan senantiasa menemukan rumput. Masyarakat umum menggunakan istilah rumput sebagai nama bagi brtbagai jenis tumbuhan yang tidak bermanfaat, dalam hal ini rumput disinonimkan dengan gulma. Mereka tidak menyadari bahwa tanaman bahan pangan pokok seperti padi, jagung, sorgum, jawawut, dan jali termasuk golongan rumput. Sebagai mahasiswa, Anda perlu memahami bahwa rumput adalah kategori tumbuhan monokotil dengan ciri-ciri tertentu.

Sebelum saya menjawab, apakah rumput berbuah atau berbiji, terlebih dahulu saya perlu jelaskan morfologi rumput. Batang rumput biasanya berlugang atau lunak di bagian dalamnya, terdiri atas bagian-bagian yang disebut ruas (node) yang dipisahkan dengan ruas di sebelahnya oleh buku (internode). Istilah batang (stem) dalam bahasa Indonesia digunakan untuk semua kategori tumbuhan, tetapi dalam bahasa Inggris batang rumput disebut culm (bukan stem). Batang rumput dapat berdiri tegak atau tumbuh menjalar di permukaan atau bahkan di bawah permukaan tanah. Batang yang menjalar di permukaan tanah disebut stolon, sedangkan yang di bawah permukaan tanah disebut rimpang (rhizome). Percabangan rumput terjadi pada bagian buku. Buku pada bagian pangkal batang biasanya rapat karena ruasnya pendek. Percabangan pada bagian pangkal memungkinkan rumput tumbuh membentuk rumpun. Cabang-cabang yang tumbuh dari bagian pangkal dan membentuk rumpun disebut anakan (tiller).

Daun rumput tumbuh pada setiap buku. Bagian paling bawah dari daun disebut upih (sheat), yang melingkari batang, berfungsi sebagai pelindung ketika batang masih muda.  Bagian di sebelah atasnya disebut helai daun (blade). Helai daun rumput biasanya sempit dan panjang dengan tepi yang seringkali tajam sehingga bisa melukai. Permukaan helai daun, demikian juga dengan permukaan upih, ada yang halus tetapi juga ada yang kasar. Bahkan ada yang berambut kasar dan menyebabkan gatal bila menyentuh badan. Bagian pangkal helai daun yang melingkari batang disebut telinga daun (auricle), sedangkan bagian upih yang berupa membran dan menempel pada permukaan batang di bagian sebelah dalam dari helai daun disebut lidah daun (ligule). Ada atau tidaknya telinga daun dan lidah daun, serta karakteristiknya bila ada, merupakan penciri penting untuk mengenali jenis rumput.

Sebagai tumbuhan berbunga, tentu saja rumput membentuk bunga sebagai organ reproduksi. Kuntum bunga tunggal rumput berukuran kecil sehingga dalam bahasa Inggris tidak disebut flower, melainkan floret. Bunga rumput biasanya biseksual, karena setiap kuntum mempunyai organ betina (gynoecium) dan organ jantan (androecium). Organ betina adalah putik, yang terdiri atas kepala putik (stigma) dan ovarium (ovary), sedangkan organ jantan adalah tangkai sari yang terdiri atas kepala sari (anther) dan tangkai  sari (filament). Bunga rumput tidak mempunyai mahkota dan kelopak, melainkan sepasang filamen yang disebut palea (sebelah atas) dan lemma (sebelah bawah). Struktur yang terdiri atas putik, tangkai sari, palea, dan lemma inilah yang disebut floret.

Tetapi tidak ada rumput yang berbunga hanya satu floret. Melainkan, dua atau lebih floret tersusun dalam satu sumbu, disebut rachilla, dan di bagian bawahnya terdapat sepasang pelindung lapis kedua yang disebut glume, terdiri atas glume atas (upper glume) dan glume bawah (lower glume). Satu rangkaian bunga yang terdiri atas floret yang tersusun pada satu rachilla dan dilindungi oleh sepasang glume disebut spikelet (anak bulir). Spikelet dapat bertangkai maupun tidak bertangkai. Bila spikelet tidak bertangkai dan tersusun langsung pada sumbu utama bunga (main axis), rangkaian bunga disebut bulir (spike). Bila spikelet bertangkai dan tersusun langsung pada sumbu utama maka rangkaian bunga disebut raceme. Bila spikelet bertangkai dan tersusun pada percabangan sumbu utama maka disebut malai (panicle). Pernah melihat bunga alang-alang? Cobalah periksa, apakah bunga alang-alang merupakan bulir, raceme, atau malai?

Spikelet dengan dua floret
Sumber: Grass Identification
Spikelet dengan beberapa floret
Sumber: Grass Identification

Struktur spikelet. Sumber: Countryside Info
Bulir (spike) Raceme Malai (panicle)
Lalu, mana yang benar, buah rumput atau biji rumput? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita memahami dahulu buah itu sebenarnya apa. Pada dasarnya, buah merupakan ovarium menua yang mengandung biji. Dalam bahan ajar, Anda dapat mempelajari berbagai tipe buh dan penggolongannya. Di antara berbagai tipe buah, satu di antaranya adalah tipe yang disebut karyopsis (caryopsis). Buah tipe ini berisi satu biji dengan kulit buah yang tipis dan merekat pada bagian dalam buah yang berisi zat tepung dan lembaga. Bagian buah terletak di sebelah luar, terdiri dari lemma, palea, dan skutelum (scutellum). Bagian biji terdiri dari lapisan aleuron (hanya setebal satu lapis sel), endosperma (tempat penyimpanan cadangan makanan), dan embrio. Tipe buah seperti ini di kalangan umum disebut biji. Tapi dalam botani biji juga berarti bagian buah yang hanya berisi lembaga, seperti misalnya biji mangga. Dalam bahasa Indonesia, istilah biji bisa mempunyai bermacam-macam arti. Khusus untuk tumbuhan golongan rumput, buah berarti sama dengan biji. Dan buah atau biji tumbuhan golongan rumput sulit dibedakan dari bunganya. Perhatikan misalnya kedua foto berikut ini, apakah bunga atau buah atau biji?
Alang-alang (Imperata cylindrica). Sumber: ekabees

Karyopsis atau biji adalah buah dengan dinding ovarium dan biji di dalamnya menyatu, merupakan tipe buah tumbuhan golongan rumput. Sumber: Ohioense
Oleh karena itu, rumput yang ditanam untuk menghasilkan buah berupa biji disebut tanaman biji-bijian (grain crops). Sebaliknya, banyak jenis rumput merupakan gulma. Rumput yang merupakan gulma disebut gulma golongan rumput. Bila Anda ingin mengetahui tumbuhan golongan rumput, silahkan kunjungi GrassBase atau silahkan langsung periksa daftar genus atau daftar spesies untuk membaca deskripsinya.

Silahkan kunjungi lebih lanjut: