Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Bagaimana Mendefinisikan Gulma?

Print Friendly and PDF
Gulma merupakan terjemahan dari kata dalam bahasa Inggris 'weed'. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan weed? Cobalah lakukan penelusuran di Google dengan mengetikkan weeds. Maka yang paling banyak muncul bukan hanya gulma tetapi juga ganja, sejenis tumbuhan penghasil narkoba. Karena itu, bila Anda berbicara bahasa Inggris, hati-hati kepada siapa Anda menyebut gulma. Sebab salah-salah, Anda bisa berurusan dengan pihak yang berwajib. Selain itu, dengan mengetikkan weed Anda juga dapat mengakses:



Dalam bahasa Inggris, kata weed dapat berarti gulma, ganja, dan bahkan judul film seri televisi. Gulma yang dibahas pada blog ini tentu saja adalah gulma dalam konteks tumbuhan pengganggu. Lebih tepatnya, gulma sebagai komponen dari organisme pengganggu tumbuhan sebagaimana diatur dalam UU No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman dan PP No. 6 Tahun 1995 tentang Perlindungan Tanaman. Gulma sebagai organisme tumbuhan mempunyai banyak definisi. Pertama-tama, kata gulma sendiri didefinisikan berbeda-beda:
Selain itu, gulma sebagai organisme pengganggu juga didefinisikan berbeda-beda:

Pada dasarnya, gulma merupakan organisme pengganggu tumbuhan. Dalam UU No. 12 Tahun 1992 dan PP No. 6 Tahun 1995, organisme pengganggu tumbuhan didefinisikan sebagai "semua organisme yang dapat merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian tumbuhan". Definisi ini, sekali lagi, sebagaimana telah saya bahas melalui tulisan saya pada blog Dasar-dasar Perlindungan Tanaman, perlu dipahami secara sangat hati hati. Secara botanis, tumbuhan mencakup berbagai jenis organisme, mulai dari tumbuhan berbunga, algae, bahkan sampai pada jamur. Tumbuhan berbeda dengan tanaman hanya dalam keterlibatan manusia dalam membudidayakan, dalam hal ini tumbuhan mencakup yang tumbuh liar maupun yang dibudidayakan, sedangkan tanaman mencakup hanya yang dibudidayakan. Dalam kaitan konsep organisme pengganggu tumbuhan ini, gulma merupakan organisme pengganggu tumbuhan dari kelompok tumbuhan tingkat tinggi, sama seperti halnya tanaman yang juga merupakan tumbuhan tingkat tinggi.

Karena gulma dan tanaman sama-sama merupakan tumbuhan tingkat tinggi maka gulma merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian tumbuhan budidaya (tanaman) dengan cara menyaingi tanaman, mengkontaminasi hasil tanaman, menjadi inang alternatif bagi hama dan organisme penyebab penyakit tanaman, mengganggu infrastruktur pertanian, dan mengganggu pergerakan orang serta alat dan mesin pertanian. Gulma pada petak pertanaman merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian dengan cara menyaingi tanaman, mengkontaminasi hasil tanaman, menjadi inang alternatif bagi hama dan organisme penyebab penyakit tanaman. Gulma pada saluran irigasi dan jalan merusak, mengganggu kehidupan, atau menyebabkan kematian dengan cara mengkontaminasi hasil tanaman, menjadi inang alternatif bagi hama dan organisme penyebab penyakit tanaman, mengganggu infrastruktur pertanian, dan mengganggu pergerakan orang serta alat dan mesin pertanian.

Sebagaimana halnya konsep organisme pengganggu tanaman, konsep gulma juga bersifat relatif dalam konteks ruang dan waktu. Artinya, suatu jenis tumbuhan tingkat tinggi tertentu dikategorikan sebagai gulma bergantung pada lokasi di mana tumbuhan tersebut berada dan pada saat kapan dia berada di lokasi tersebut. Dalam kaitan ini, tumbuhan yang tidak ditanam dapat saja tidak dikategorikan sebagai gulma bila ternyata memberikan menfaat tertentu bagi petani. Sebaliknya, tanaman yang tumbuh tidak pada tempatnya dapat saja dikategorikan sebagai gulma bila ternyata mengganggu tanaman utama. Sebagai contoh, bayam liar tidak dapat dikategorikan sebagai gulma bila ternyata dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Sebaliknya, jagung yang tumbuh bercampur dengan padi ladang dapat dikategorikan sebagai gulma bila ternyata kehadiran jagung bersama dengan padi ladang menyebabkan hasil padi ladang menjadi sangat berkurang.