Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Smt. Ganjil 2017/2018

Print Friendly and PDF
Kuliah Ilmu Gulma
Semester Ganjil Tahun 2017/2018

Selamat datang mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil tahun 2017/2018. Matakuliah ini disampaikan dengan dukungan blog dan teknologi informasi mutakhir. Silahkan persiapkan diri Anda untuk untuk hal-hal sebagai berikut:
  • Berselancar di Internet dengan menggunakan peramban (browser) (Mozilla FirefoxGoogle Chrome, atau Safari) dan mesin pencari (Google atau mesin pencari lain). Bila Anda belum pernah berselancar di Internet, silahkan baca tulisan Belajar Menggunakan Internet di Warnet. Setelah membuka peramban, silahkan ketik http://muditaig.blogspot.com pada kotak URL (Universal Resource Locator) atau mengetik "ilmu gulma" (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian untuk mengakses blog ini.
  • Berkomunikasi menggunakan akun email sendiri, sebaiknya gunakan Gmail. Bila Anda belum mempunyai akun Gmail, silahkan pelajari panduannya dan segera buat. Dengan membuka akun Gmail, Anda akan memperoleh akses ke seluruh layanan Google lainnya (a.l. Google Drive dan Picasa Web).
  • Menggunakan akun penyimpanan file secara online yang disediakan oleh Google, yaitu Google Drive untuk menyimpan dokumen dan berbagi file atau Picasa Web untuk menyimpan dan berbagi foto. Anda juga bisa menggunakan layanan penyimpanan dan berbagi file online DropboxBoxMediafire, atau layanan lainnya. Silahkan mendaftar pada salah satu layanan sekarang juga.
  • Memanfaatkan berbagai sarana pembelajaran dengan dukungan Internet. Silahkan klik tautan (link) yang disediakan pada tulisan dan periksa apa yang dapat dilakukan dengan menggunakan setiap layanan yang tersedia.
  • Menggunakan komputer, khususnya mengetik dengan menggunakan Word. Bila Anda hanya bisa mengetik dengan komputer seperti mengetik menggunakan mesin tik, silahkan pelajari cara mengetik menggunakan Word dengan benar.
Silahkan kunjungi blog ini secara rutin karena segala sesuatu yang berkaitan dengan perkuliahan akan dikomunikasikan melalui blog. Setelah membaca tayangan tulisan dalam blog ini, harap biasakan memberikan komentar di bawah setiap tulisan. Bila Anda mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara online, silahkan menghubungi dosen pengampu dengan mengklik Hubungi Kami untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi.

Pada setiap hari kuliah, Anda harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah yang ditetapkan. Silahkan persiapkan diri datang ke ruang kuliah untuk berdiskusi, bukan untuk datang, duduk, dan dengar. Segera periksa:
  • Silabus dan RKPS. Silahkan klik untuk membaca silabus dan RKPS yang merupakan panduan dalam mengikuti perkuliahan yang diberikan oleh semua dosen.
  • Bahan Ajar dan Presentasi Kuliah. Silahkan unduh bahan ajar dan bahan presentasi kuliah dengan mengklik tautan (link) yang disediakan.
  • Prosedur dan Jadwal Tugas (belum diperbarui). Silahkan periksa untuk mengetahui prosedur kerja dan tenggat pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen I W. Mudita. Setiap dosen wajib memberikan tugas kepada mahasiswa sesuai dengan pokok bahasan yang menjadi tanggung jawab masing-masing. 
  • Prosedur dan Jadwal Praktikum (belum diperbarui). Silahkan periksa untuk mengetahui jadwal asistensi dan pelaksanaan praktikum yang diberikan oleh dosen.
  • Referensi. Silahkan kunjungi/unduh dan baca: Gulma dalam Ekosistem (Pidato Pengukuhan Guru Besar) (akan ditambahkan secara bertahap dan selektif).

Dosen Pengampu

Tempat, Hari, dan Jam Kuliah
Kuliah: Selasa, 08.00-09.40 WITA, Ruang B3, harap hadir tepat waktu. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti kuliah.
Praktikum: Tanyakan jam dan tempat praktikum pada dosen pen gampu, lab (saya tidak tahu di mana lokasi laboratorium ilmu gulma)

Harap hadir di dalam ruang kuliah 5 menit sebelum kuliah dimulai. Mahasiswa yang terlambat lebih dari 15 menit TIDAK DIPERKENANKAN MENGIKUTI KULIAH.

Ketentuan Umum Perkuliahan
Mahasiswa harus mengikuti kuliah minimal sebanyak 80% dari seluruh jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan yang direncanakan berjumlah 16 kali pertemuan tatap muka. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kurang dari 80% pertemuan tatap muka tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Mahasiswa harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah kuliah/praktikum yang telah ditetapkan. Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti perkuliahan/praktikum.

Perkuliahan dijadwalkan satu kali dalam satu minggu. Bila karena sesuatu hal ada dosen berhalangan hadir pada hari/jam yang dijadwalkan, dosen dapat mengalihkan perkuliahan ke hari hari/jam lain dengan terlebih dahulu menyepakati dengan mahasiswa. Dosen tidak dibenarkan meminta mahasiswa untuk menandatangani daftar hadir lebih dari satu kali dalam satu hari/jam kuliah. Bila ada dosen yang melakukan hal ini, silahkan melaporkan kepada koordinator matakuliah.

Perkuliahan dilaksanakan oleh setiap dosen sesuai dengan Silabus dan RKPS matakuliah dengan merujuk kepada bahan ajar yang telah tersedia. Dosen dapat memperkaya materi perkuliahan, tetapi tidak untuk mengubah Silabus dan RKPS. Mahasiswa wajib memeriksa Silabus dan RKPS matakuliah dan menyampaikan kepada dosen koordinator matakuliah bila ada dosen yang memberikan kuliah dengan materi yang menyimpang dari atau tidak sesuai dengan Silabus dan RKPS.

Tata Cara Perkuliahan
Kuliah diberikan dengan dukungan blog agar mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas pembelajaran dengan dukungan Internet. Untuk berinteraksi dengan dosen pengampu, setiap mahasiswa harus menggunakan email sendiri dengan nama sebenarnya (bukan menggunakan email teman atau email dengan nama samaran). Mahasiswa yang belum mempunyai akun email sendiri atau mempunyai akun email tetapi menggunakan nama samaran, silahkan membuat akun Gmail (panduan). Mahasiswa yang telah mempunyai akun email sendiri dengan nama sebenarnya tetapi bukan Gmail, harap selalu mengosongkan Mailbox/Inbox sehingga bisa menerima email dengan lampiran (attachment). Bila diminta untuk mengumpulkan tugas atau jawaban ujian melalui email, kirimkan sebagai lampiran, bukan langsung dituliskan atau ditempel (paste) pada kotak pesan (message box). Tidak ada alasan mahasiswa tidak mengumpulkan tugas atau jawaban ujian hanya karena tidak bisa mengirimkan melalui email.

Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu setiap saat menggunakan email dengan mengklik Hubungi Kami. Untuk meminta sandi, silahkan tuliskan nama lengkap, NIM, dan nama matakuliah (misalnya Dasar-dasar Perlindungan Tanaman disingkat DPT). Untuk mengirimkan tugas dan jawaban ujian, akan diberikan akun email lain yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan yang disertai dengan lampiran (attachment). Jangan pernah mengirimkan tugas atau jawaban ujian dengan cara menempelkan (paste) pada kotak pesan (message box).

Dalam mengerjakan tugas, membuat laporan praktikum, menjawab ujian, dan menjawab ujian praktikum, mahasiswa tidak dibenarkan menjiplak pekerjaan teman atau menjiplak dari buku maupun dari sumber-sumber apapun juga yang diperoleh melalui Internet. Bila menggunakan sumber-sumber kepustakaan, mahasiswa harus merujuk pustaka yang digunakan dan menyertakannya dalam daftar pustaka. Mahasiswa yang diketahui melakukan penjiplakan dikategorikan sebagai melakukan plagiarisme dan akan diberikan sanksi pengurangan nilai sampai pada pemberian nilai 0, bergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Perujukan pustaka dan penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan menggunakan gaya APA Edisi 6 (Panduan). Perujukan pustaka dan pembuatan daftar pustaka dapat dilakukan secara manual, tetapi akan diberikan nilai bonus bila mahasiswa melakukan secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. Silahkan unduh program berdiri sendiri untuk WindowsMac OS XLinux i686, atau Linux x86_64 serta ekstensi untuk peramban Mozilla FirefoxGoogle Chrome, atau Safari. Untuk menggunakan Zotero, program berdiri sendiri dan ekstensi harus diinstalasi ke komputer sesuai dengan sistem operasi dan jenis peramban yang digunakan. Bila belum pernah menggunakan Zotero, silahkan pelajari cara menggunakannya mulai dari sekarang juga.

Tatacara Ujian dan Penilaian
Ujian terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktikum. Ujian tengah semester atau akhir semester oleh dosen Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D., akan dilakukan dalam jaringan (online) dengan menggunakan fasilitas Google Form. Mahasiswa yang tidak mengirimkan atau yang terlambat mengirimkan jawaban dari tanggal yang telah ditentukan akan diberi nilai 0. Nilai akhir semester terdiri atas nilai tugas, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester, laporan praktikum, ujian praktikum, dan nilai softskill.

Mahasiswa harus tetap mengunjungi blog setelah ujian akhir semester. Nilai akan diumumkan terlebih dahulu melalui blog berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui telepon atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung, misalnya print out Sent Mail dari akun email sendiri untuk menunjukkan bahwa mahasiswa telah mengirimkan tugas atau jawaban ujian. Mahasiswa yang mengajukan keberatan tanpa disertai dengan bukti-bukti pendukung atau mengajukan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani.

Nilai ujian dan/atau nilai akhir semester akan diumumkan terlebih dahulu melalui blog berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui pesan singkat atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan harus disertai dengan bukti-bukti pendukung. Mahasiswa yang mengajukan keberatan tanpa disertai dengan bukti-bukti pendukung atau mengajukan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani. Silahkan tetap mengunjungi blog ini setelah ujian tengah semester sampai setelah ujian akhir semester.

Kesepakatan Perkuliahan
Ketentuan yang diuraikan pada halaman ini merupakan rancangan kesepakatan yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil matakuliah Ilmu Gulma pada Semester Ganjil 2017/2018. Bila ada yang berkeberatan, silahkan menghubungi dosen selambat-lambat satu minggu setelah kuliah pertama. Bila tidak ada mahasiswa yang mengajukan keberatan maka rancangan kesepakatan ini dengan sendirinya menjadi Kesepakatan Perkuliahan Ilmu Gulma Semester Ganjil 2017/2018.

Lain-lain
Semua mahasiswa peserta kuliah diasumsikan telah membaca dan memahami seluruh ketentuan yang disampaikan pada halaman ini. Bila Anda mengalami kesulitan, silahkan tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini:

1 komentar: