Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Mempelajari Morfologi untuk Mengidentifikasi Gulma

Print Friendly and PDF
Bagaimana Anda bisa membedakan teman yang satu dengan yang lain? Mungkin Anda akan mengatakan, teman yang bernama A berbadan tinggi, berambut lurus, dan berkulit cerah, sedangkan teman yang bernama B sebaliknya, berbadan kurang tinggi, berambut keriting, dan berkulit gelap. Badan tinggi atau kurang tinggi, rambut lurus atau keriting, dan kulit cerah atau gelap merupakan ciri-ciri yang Anda gunakan untuk membedakan teman A dari teman B. Lebih khusus lagi, karena ciri-ciri tersebut merupakan ciri-ciri mengenai bentuk yang tampak dari luar, maka Anda menggunakan ciri-ciri morfologis (dari morph=bentuk luar untuk membedakan kedua orang teman tersebut. Selain ciri-ciri morfologis, masih banyak ciri-ciri lain, misalnya ciri-ciri genetik berdasarkan kesamaan DNA (deoxyribonucleic acid, asam deoksiribo nukleat). Tapi karena ciri-ciri morfologis dapat dilihat dengan mudah maka dapat digunakan dengan cepat untuk membedakan teman yang satu dengan yang lainnya. Juga dapat digunakan untuk menyayangi seseorang dan bukan orang lain. Tidak mungkin Anda menggunakan ciri-ciri DNA untuk memilih seorang pacar.

Mengenali gulma juga pertama-tama dilakukan dengan menggunakan ciri-ciri morfologis. Karena gulma adalah tumbuhan, tentu saja dalam hal ini yang digunakan adalah ciri-ciri morfologis tumbuhan. Untuk mengenali ciri-ciri morfologis tumbuhan, perlu dipelajari berbagai istilah morfologi tumbuhan yang dapat diperoleh antara lain dari Angiosperm Phylogeny Website, Flora of Australia, New South Wales Flora Online, EUNOPS (khusus palma), atau Wikipedia. Untuk mengenali morfologi tumbuhan terlebih dahulu diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai istilah morfologi yang penting. Beberapa istilah penting disertai dengan gambar untuk lebih memudahkan dalam mempelajarinya.

Tumbuhan terdiri atas tubuh secara keseluruhan dan bagian-bagian tubuh tumbuhan, yaitu akar, batang, daun, bunga dan perbungaan, serta buah. Tubuh tumbuhan mempunyai bentuk berbeda-beda, tetapi untuk gulma dapat dibedakan menjadi: (1) herba yang terdiri atas: graminoid (rumput dan teki) dan herba berdaun lebar (secara ekologi disebut forb), (2) perdu, (3) tumbuhan memanjat atau melilit yang terdiri atas vine dan liana, dan (4) pohon. Kategori ini, yang lazim disebut bentuk hidup tumbuhan (plant life-form), ditambah dengan kategori khusus tumbuhan air, digunakan, misalnya oleh Weed Australia, sebagai dasar untuk mengidentifikasi gulma. Selanjutnya, Weed Australia, menggunakan warna bunga, untuk melakukan identifikasi secara lebih rinci. Tapi identifikasi oleh Weed Australia dilakukan terhadap sejumlah jenis gulma yang dikategorikan sebagai gulma penting di Australia, bukan untuk mengidentifikasi sembarang jenis gulma di berbagai tempat. Oleh karena itu, ciri-ciri morfologi yang digunakan terbatas. Untuk mengidentifikasi sembarang jenis gulma di berbagai tempat tentu saja diperlukan ciri-ciri morfologis yang lebih banyak dan lebih rinci berkaitan dengan akar, batang, daun, bunga, dan buah.

Morfologi akar, batang, daun, bunga dan buah dapat dipelajari dari berbagai situs Internet, di antaranya dari North Ontario Plant Database. Situs ini menyediakan halaman khusus Plant Terminology yang menguraikan bagian-bagian tumbuhan disertai dengan penjelasan bergambar, terdiri atas daun, bunga dan perbungaan, serta buah. Uraian mengenai morfologi daun terdiri atas peristilahan umum daun, pelekatan dan susunan daun, serta bentuk helai, bentuk dasar, bentuk tepi, dan bentuk ujung daun. Uraian mengenai morfologi bunga dan perbungaan terdiri atas peristilahan umum bunga dan tipe perbungaan. Uraian mengenai morfologi buah terdiri atas peristilahan umum buah, peristilahan dasar, dan tipe buah. Situs yang juga memberikan uraian mengenai morfologi tumbuhan dengan bagus adalah Wayne's Word, yang menjelaskan uraian disertai gambar mengenai morfologi vegetatif (bagian 1, bagian 2, dan bagian 3), morfologi daun (bagian 1 dan bagian 2), morfologi bunga (bagian 1, bagian 2, dan bagian 3), morfologi perbungaan (bagian 1 dan bagian 2), morfologi buah (bagian 1, bagian 2, bagian 3, dan bagian 4), dan identifikasi tipe buah utama. Uraian mengenai klasifikasi buah secara sistematik dapat diperoleh dari World Botanical. Bila Anda merasa lebih mudah mempelajari morfologi tumbuhan dengan cara melihat gambar, silahkan kunjungi situs vPlants.

Bagian tumbuhan yang sangat penting untuk dikenali morfologinya adalah bunga dan buah. Bunga dapat tunggal (simple flower) atau gabungan beberapa bunga tunggal (perbungaan, inflorescence). Demikian juga dengan buah, dapat berupa buah tunggal (simple fruits dan accessory fruits) atau kelompok beberapa buah tunggal (aggregate fruits dan multiple fruits). Blog Tanaman Kampung menyediakan uraian rinci dalam bahasa Indonesia mengenai bunga dan perbungaan serta klasifikasi tipe buah. Morfologi bunga dan buah merupakan morfologi penting karena relatif kurang mudah berubah karena faktor lingkungan dibandingkan dengan morfologi bagian-bagian vegetatif tumbuhan. Oleh karena itu, identifikasi tumbuhan lebih banyak didasarkan pada morfologi bunga dan buah daripada pada morfologi bagian-bagian vegetatif tumbuhan.

Bagi Anda yang tidak mempunyai latar belakang biologi yang cukup, mempelajari istilah morfologi tumbuhan mungkin tidak mudah. Pun bagi yang mempunyai latar belakang biologi, tanpa tekad yang kuat untuk belajar, mempelajari morfologi tumbuhan juga tetap tidak mudah. Tapi dibandingkan dengan mempelajari morfologi binatang yang senantiasa bergerak, atau mempelajari morfologi algae, jamur, dan bakteri yang berukuran kecil, bahkan sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat dengan mikroskop, mempelajari morfologi tumbuhan tentu lebih mudah. Apalagi berbagai jenis tumbuhan ada di sekitar Anda sepanjang tahun, kalau ada kemauan pasti bisa. Sangat disayangkan, sebagian besar mahasiswa sekarang kuliah justru bukan untuk belajar, melainkan untuk meraih gelar sarjana. Bahkan ada yang sekedar memperoleh status mahasiswa, daripada menganggur. Bila demikian maka mempelajari morfologi tumbuhan akan menjadi sesuatu yang sangat sulit. Padahal, mengenal morfologi tumbuhan diperlukan untuk mengidentifikasi gulma. Bagaimana Anda bisa mengidentifikasi gulma bila tidak belajar morfologi tumbuhan?

Dalam biologi, identifikasi merupakan proses penentuan nama ilmiah suatu individu pada peringkat taksonomik tertentu dengan menggunakan ciri-ciri tertentu. Dalam kaitan dengan gulma, identifikasi gulma berarti proses identifikasi untuk menentukan nama (terutama nama ilmiah) gulma tertentu. Ciri-ciri yang digunakan pada umumnya adalah ciri-ciri morfologis sehingga untuk melakukan identifikasi tumbuhan diperlukan pengetahuan mengenai morfologi tumbuhan. Identifikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya dengan menggunakan kunci identifikasi dikotomis (dichotomous key). Kunci dikotomis terdiri atas sepasang ciri morfologis, atau dua kelompok ciri morfologis, yang harus dipilih salah satu untuk melanjutkan ke pasangan ciri berikutnya yang dengan memilih salah satu pada akhirnya akan sampai pada nama ilmiah tertentu. Contoh kunci dikotomis disediakan oleh situs Go Botany untuk mengidentifikasi famili tumbuhan yang terdapat di New England, Australia. Variasi dari kunci dikotomis adalah kunci dengan memilih satu dari dua atau banyak pilihan ciri organ tertentu, misalnya ciri daun dengan banyak pilihan tingkat pertama dan kemudian setiap pilihan tingkat pertama terdiri atas dua sampai banyak pilihan tingkat kedua sebagaimana yang harus dilakukan pada kunci identifikasi yang disediakan pada situs Australian Tropical Rainforest Plants dan kunci identifikasi famili tumbuhan monokotil yang disediakan pada situs eMonocot. Kini sedang dibangun kunci identifikasi online untuk berbagai kategori mahluk hidup yang diberi nama Identify Life.

Selain dengan menggunakan kunci identifikasi dikotomis, juga dapat digunakan deskripsi mengenai ciri-ciri morfologis nama ilmiah pada peringkat taksonomik tertentu. Deskripsi genus dan deskripsi spesies tumbuhan golongan rumput dapat diperoleh dari situs GrassBase. Silahkan klik tautan deskripsi genus, maka Anda akan memperoleh daftar panjang genera rumput. Klik satu nama genus maka Anda akan memperoleh deskripsi genus rumput yang bersangkutan. Klik genus Imperata maka Anda akan memperoleh deskripsi genus rumput tersebut untuk digunakan sebagai perbandingan dalam mengidentifikasi rumput yang Anda curigai sebagai anggota genus Imperata. Untuk memperoleh deskripsi spesies rumput, silahkan klik tautan deskripsi spesies dan kemudian pilih satu spesies rumput yang ingin Anda ketahui deskripsinya, misalnya Imperata cylindrica. Hal serupa juga disediakan oleh situs GrassWorld. Deskripsi gulma golongan rumput, herba, perdu, dan pohon juga dapat diperoleh dari situs Global Invasive Species Database.

Selain ciri-ciri morfologis juga dapat digunakan ciri-ciri lain, misalnya ciri-ciri genetik (misalnya DNA, sebagaimana sudah dijelaskan pada awal tulisan ini). Uraian mengenai identifikasi tumbuhan dengan menggunakan DNA ini dapat diperoleh antara lain dengan membaca artikel jurnal berjudul PlantID – DNA-based identification of multiple medicinal plants in complex mixtures. Universitas California Davis menyediakan jasa identifikasi tumbuhan berbasis DNA yang disebut DNA Finerprinting sebagai layanan berbayar. Sementara identifikasi tumbuhan berbasis DNA masih terus dikembangkan, identifikasi berbasis morfologis masih digunakan secara luas. Oleh karena itu pula, Anda masih perlu mempelajari morfologi tumbuhan sebagai dasar untuk dapat melakukan identifikasi gulma.

Anda mengenal banyak orang, mempunyai banyak teman? Tapi berapa jenis gulma yang Anda kenal? Anda seharusnya malu, sebagai mahasiswa pertanian tidak mengenal banyak jenis gulma. Andaikan gulma dapat membuat akun Facebook atau Twitter, mungkin Anda akan menerima mereka sebagai teman. Sayang, gulma hanyalah spesies tumbuhan yang memerlukan Anda untuk mengenali mereka. Adakah di antara Anda yang bersedia membuat daftar nama jenis gulma dengan mencantumkan nama lokal (bahasa daerah), nama umum (bahasa Indonesia), dan nama ilmiah? Jika Anda berminat, silahkan buat dari sekarang. Bila pada akhir semester Anda berhasil membuat daftar minimal 50 jenis gulma, kirimkan filenya (dalam Excel) kepada saya, Anda memperoleh nilai A.

Tautan Luar:
Identifikasi gulma berdaun lebar jeruk dan daftar spesies gulma jeruk dari UC IPM Online