Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Ujian Tengah Semester dan Tugas Semester Ganjil Tahun 2017/2018 Mata Kuliah Ilmu Gulma

Print Friendly and PDF
Menyiapkan Diri Mengikuti Ujian. Untuk mengerjakan ujian, usahakan mencari tempat dengan koneksi Internet yang memadai. Gunakan komputer dekstop atau notebook, bukan tablet apalagi ponsel, untuk mengerjakan ujian. Yang tidak mempunyai komputer, silahkan menggunakan warung Internet (warnet) yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Bila menggunakan komputer teman, silahkan lakukan logout dari login yang telah dilakukan teman Anda dan kemudian lakukan login kembali dengan menggunakan akun email Anda. SILAHKAN KLIK Baca Selengkapnya untuk MULAI MENYIAPKAN, MENGERJAKAN UJIAN, DAN MENGIRIMKAN JAWABAN UJIAN ...

Sebelum mulai mengerjakan ujian, silahkan salin dan tempel soal ujian ke dalam program aplikasi pengolah kata Word lalu simpan dalam komputer masing-masing. Baca setiap soal dengan cermat dan pahami setiap pertanyaan yang berkaitan dengan setiap soal sebelum menjawab. Juga baca panduan untuk menjawab setiap pertanyaan sebagaimana diberikan di sebelah bawah setiap pertanyaan. Jangan lupa untuk mengklik setiap tautan yang diberikan dan pelajari informasi yang dirujuk melalui tautan tersebut. Pastikan bahwa sebelum mengikuti ujian Anda sudah mempunyai alamat email pribadi masing-masing. Anda tidak boleh menggunakan alamat email mahasiswa lain untuk mengikuti ujian.

Anda boleh membaca catatan, membaca bahan ajar, dan membaca buku teks dan artikel jurnal ilmiah, bila diperlukan, untuk menjawab pertanyaan ujian. Silahkan juga membaca semua tulisan pada blog Ilmu Gulma. Anda juga boleh boleh mendiskusikan pertanyaan. TETAPI Anda TIDAK BOLEH menyalin dan menempel jawaban dari tulisan blog atau dari tulisan apapun di Internet. Anda TIDAK BOLEH menyalin dan menempel jawaban dari mahasiswa lain. Anda HARUS menyusun kalimat sendiri untuk menjawab setiap pertanyaan. Jawaban Anda akan diperiksa dengan menggunakan program aplikasi khusus untuk mengetahui apakah Anda menyalin dan menempel jawaban dari blog, dari Internet, atau dari teman lain. Dan untuk Anda yang berani melakukan itu, akan diberikan nilai 0 untuk setiap jawaban yang terindikasi ditulis secara curang.

Pertanyaan Ujian
Pertanyaan ujian dapat diakses pada bagian ini pada Kamis, 18 Januari 2018 mulai pukul 09.00 WITA. Ujian akan terdiri atas 10 pertanyaan yang semuanya wajib dijawab. Anda harus mengklik tautan yang diberikan pada setiap pertanyaan untuk membantu menjawab pertanyaan. Pertanyaan dibuat dengan merujuk tulisan berkode 3.1.1 sampai 4.2.1. Silahkan baca kembali tulisan-tulisan tersebut berikut komentar dan pertanyaan yang Anda sampaikan, siapa tahun pertanyaan yang Anda ajukan dijadikan pertanyaan ujian. Silahkan klik di SINI untuk memperoleh Pertanyaan Ujian.

Lembar Jawaban Ujian
Lembar jawaban ujian disajikan pada bagian ini pada Kamis, 18 Januari 2018 mulai pukul 09.00 WITA. Untuk mennjawab pertanyaan, Anda harus mengetikkan jawaban pada kotak yang disediakan sesuai dengan nomor pertanyaan yang Anda jawab. Anda dapat terlebih dahulu mengetikkan jawaban dengan menggunakan program aplikasi pengolah kata Word (atau pengolah kata lainnya), kemudian salin dan tempel jawaban di dalam kotak yang sesuai. Tempel jawaban dengan meletakkan kursor di dalam kotak, mengklik tombol kanan tetikus (mouse), lalu pilih tempel (paste). Setiap pertanyaan harus dijawab secara berurutan sebelum Anda dapat memasukkan jawaban.


Beri nama file Excel jawaban Pertanyaan 1 dan Pertanyaan 8 ilmugulma_pertanyaanX_namamahasiswa, ganti X dengan angka 1 atau 8 sesuai dengan nomor pertanyaan dan namamahasiswa dengan nama Anda, ditulis semua dengan huruf kecil tanpa spasi. Masukkan file jawaban Pertanyaan 1 dan Pertanyaan 8 dengan cara drag and drop. Buka Windows Explorer di komputer Anda, cari nama file jawaban Pertanyaan 1, klik nama file dan sambil menekan tombol tetikus (mouse), geser nama file ke dalam kotak pemasukan file, lepas tombol tetikus setelah kursor tepat berada di dalam kotak.

Masukkan file Excel perhitungan jawaban Pertanyaan 1 dengan cara drag and drop ke dalam kotak di bawah ini.


Masukkan file Excel perhitungan jawaban Pertanyaan 8 dengan cara drag and drop ke dalam kotak di bawah ini.


Pengumpulan Lembar Jawaban Ujian
Sebelum mengumpulkan jawaban, pastikan semua pertanyaan telah dijawab dengan sebaik-baiknya. Setelah semua pertanyaan dijawab, klik tombol Kirim di bagian bawah lembar jawaban untuk memasukkan jawaban. Anda boleh memasukkan lembar jawaban HANYA SATU KALI dengan menggunakan alamat email sendiriJawaban harus sudah masuk selambat-lambatnya pada Jumat, 19 Januari 2018 pukul 09.00 WITA. Jawaban yang masuk melampaui tenggat waktu tersebut tidak akan diperiksa.

Pengecekan Pengumpulan Jawaban Ujian
Setelah memasukkan jawaban ujian, klik di SINI (klik untuk mengecek setelah mengirimkan lembar jawaban ujian) guna memastikan apakah jawaban yang Anda masukkan sudah atau belum tertera dalam daftar jawaban ujian masuk. Juga periksa di SINI untuk memastikan file jawaban Pertanyaan 1 dan di SINI untuk memastikan file jawaban Pertanyaan 8 sudah masuk. Bila Anda melakukan dengan benar, saya pastikan jawaban Anda sudah tertera dalam daftar dalam beberapa menit setelah Anda memasukkannya. Bila setelah menunggu lebih dari 10 menit ternyata jawaban Anda juga belum tertera dalam daftar, silahkan minta ketua tingkat untuk menghubungi saya melalui pesan singkat. Selamat mengikuti ujian tengah semester, mudah-mudahan Anda semua tidak mengalami kesulitan dalam mengisi dan memasukkan lembar jawaban.

Tugas
Untuk memperoleh nilai tugas dan nilai softskill, setiap mahasiswa diwajibkan mengerjakan dan memasukkan tugas. Kerjakan tugas dengan memasukkan semua komentar terhadap tulisan 3.1.1 sampai tulisan 3.4.1 dalam blog ini ke dalam tabel. Silahkan AKSES FILE TABEL untuk mengerjakan tugas. Sebelum mengerjakan tugas, unduh file dengan mengklik menu File>Download sebagai>Microsoft Excel lalu simpan dengan nama: ilmugulma_tugas_namamahasiswa, ganti namamahasiswa dengan nama Anda ditulis semua dengan huruf kecil tanpa spasi. Kerjakan tugas dengan mengikuti panduan yang diberikan dalam file. Setelah selesai, masukkan file tugas ke dalam kotak di bawah ini dengan cara drag and drop:



Untuk memastikan bahwa file tugas Anda sudah masuk, silahkan periksa di SINITugas harus sudah masuk selambat-lambatnya pada hari Sabtu, 20 Januari 2018 pukul 21.00 WITA. File tugas yang masuk melewati batas waktu tersebut tidak akan diperiksa.

SELAMAT MENGERJAKAN UJIAN DAN TUGAS.