Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Halaman Kampus Fakultas Pertanian Undana adalah Laboratorium Ilmu Gulma

Print Friendly and PDF Di Fakultas Pertanian Undana terdapat Laboratorium Ilmu Hama Tumbuhan dan Laboratorium Ilmu Penyakit Tumbuhan. Lalu di mana Laboratorium Ilmu Gulma? Hal ini memang sangat aneh, tetapi nyata. Fakultas Pertanian Undana memang tidak mempunyai Ilmu Gulma. Gulma merupakan kendala produksi pertanian lahan kering yang sangat penting dan pertanian lahan kering merupakan pola ilmiah pokok Fakultas Pertanian Undana dan bahkan juga pola ilmiah pokok Undana sendiri. Tetapi jangankan mempunyai laboratorium, mempunyai dosen dengan bidang keahlian Ilmu Gulma juga tidak. Memang aneh, tetapi nyata adanya.


Oleh karena hal yang aneh tapi nyata ini, selama ini praktikum Ilmu Gulma selalu dilakukan di halaman kampus. Pada musim hujan halaman kampus Fakultas Pertanian ditumbuhi oleh berbagai jenis gulma. Gulma tumbuh di mana-mana karena halaman kampus yang sudah berdiri sekian lama ini memang kurang tertata. Halaman kampus hanya bebas dari gulma di bawah naungan pohon gamal yang menjadi semacam identitas bagi kampus Undana (barangkali bagus juga kalau diberi nama kampus gamal). Dengan banyaknya jenis-jenis gulma maka halaman kampus tentu menjadi tempat yang ideal untuk belajar identifikasi gulma. Sayangnya, matakuliah Ilmu Gulma diberikan pada semester ganjil yang kebetulan berbarengan dengan musim kemarau. Kalau saja yang mengatur mengerti, alangkah idealnya kalau Ilmu Gulma ditawarkan pada semester genap yang berbarengan dengan musim hujan. Dengan begitu maka halaman kampus dapat menjadi laboratorium Ilmu Gulma, sebelum entah kapan, Ilmu Gulma mempunyai laboratorium sendiri.