Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Chromolaena odorata: Lawan (Gulma) atau Kawan (Rehabilitasi Lahan Kritis)?

Print Friendly and PDF
Sumber: Wikipedia
Pada awalnya, kehadiran Chromolaena odorata dipandang semata-mata sebagai lawan (gulma). Dalam beberapa hal, mungkin ada benarnya demikian. Yang jelas, tumbuhan ini merupakan lawan bagi orang yang mempunyai ternak sapi karena kehadirannya telah mengubah padang rumput menjadi padang Chromolaena odorata. Tetapi bagaimana halnya dengan perladangan tebas bakar? Ketika memimpin Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam Undana (1997-2003), saya mendapat mengetuai tim penelitian kaji tindak mengenai pengelolaan gulma ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata tumbuhan ini tidak selamanya dipandang sebagai sesuatu yang merugikan oleh;masyarakat. Bahkan petani dari desa-desa tertentu di lokasi penelitian dengan sengaja mengumpulkan biji C. odorata untuk disebarkan di lahan bekas perladangan, katanya untuk mempercepat pengembalian kesuburan lahan.

Untuk informasi tambahan, silahkan baca artikel: Chromolaena odorata: Friend or Foe for Resource-Poor Farmers? (Chromolaena odorata: Kawan atau Lawan bagi Petani Miskin Sumberdaya?)