Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Menggunakan Kunci Lucid untuk Mengidentifikasi Gulma

Print Friendly and PDF Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire Identifikasi gulma merupakan aspek penting dalam perlindungan tanaman dari gangguan OPT golongan gulma. Identifikasi gulma diperlukan untuk menentukan spesies gulma yang mengganggu tanaman. Penentuan spesies gulma perlu dilakukan untuk menentukan cara pengendalian yang harus dilakukan. Pengendalian gulma dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi pengendalian gulma spesies tertentu hanya dapat dilakukan secara efektif dengan menggunakan cara yang tepat untuk spesies gulma yang bersangkutan. Sebelum melanjutkan membaca, perlu dipahami bahwa identifikasi dapat diperlukan untuk mengetahui spesies gulma baru yang sebelumnya belum pernah dideskripsikan atau untuk mengetahui spesies yang sudah dideskripsikan sebagai gulma pada tanaman tertentu. Identifikasi yang diuraikan pada tulisan ini merupakan identifikasi kategori kedua.

Identifikasi dilakukan dengan menggunakan kunci identifikasi. Ada bermacam-macam kunci identifikasi, di antaranya adalah kunci dikotomus dan kunci multi-akses. Kunci dikotomus menyediakan pilihan biner (dua-dua) karakteristik organisme yang harus dipilih salah satu untuk meneruskan ke langkah berikutnya. Saya akan menguraikan cara penggunaan kunci kategori ini pada tulisan lain. Pada tulisan ini saya akan menguraikan kunci identifikasi multi-akses terkomputerisasi yang dirancang dengan menggunakan program aplikasi Lucid sehingga dikenal sebagai kunci Kucid. Untuk menjalankan kunci Lucid diperlukan program Java sehingga kunci ini juga dikenal sebagai kunci Lucid Java. Banyak kunci Lucid Jawa tersedia secara online dan gratis sehingga dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa yang memerlukan dukungan identifikasi OPT.

Saya menguraikan penggunaan kunci Lucid Java dengan menggunakan contoh kunci Lucid Java untuk mengidentifikasi hama jeruk yang dikembangkan oleh IDTools. Lembaga yang sama juga telah mengembangkan kunci Lucid Java untuk mengidentifikasi spesies dan kultivar jeruk serta kunci identifikasi penyakit jeruk. Selain itu, IDTools juga telah mengembangkan kunci identifikasi untuk berbagai organisme lain. Silahkan periksa, siapa tahu nanti ketika Anda menyusun skripsi, Anda perlu mengidentifikasi OPT dan memerlukan kunci identifikasi dari IDTools tersebut. Jauh akan lebih mudah bila Anda mulai membiasakan diri menggunakan kunci identifikasi daripada baru mulai mempelajari ketika Anda menyusun skripsi.

Kunci identifikasi Lucid Java untuk hama jeruk dilengkapi dengan panduan pengenalan morfologi, galeri foto, dan daftar istilah. Sebelum melanjutkan, ada baiknya Anda terlebih dahulu mempelajari morfologi serangga OPT jeruk. Selain itu Anda juga perlu mempelajari istilah morfologi serangga dan melihat foto berbagai spesies serangga OPT jeruk. Hal ini perlu Anda lakukan karena kunci identifikasi Lucid Java menggunakan berbagai istilah morfologi, sebagian besar disertai dengan gambar atau bahkan foto. Selanjutnya Anda dapay membuka kunci identifikasi. Untuk membuka kunci Lucid Java, Anda perlu terlebih dahulu memasang program aplikasi Java di komputer Anda. Pada saat Anda mengklik utautan untuk membuka kunci Lucid Java akan ditanyakan apakah Anda membolehkan program Java dibuka dan bersedia menerima resikonya.
Peringatan untuk menjalankan Java. Silahkan jalankan dengan mengklik Alaways run on this site.
Peringatan lanjutan, silahkan klik kotak I accept the risk and want to run this app.
Tentu saja Anda harus menjawab untuk menjalankan agar bisa menjalankan kunci Lucid Java. Selanjutnya kunci Lucid akan ditampilkan seiring dengan tampilnya menu kotak menjalankan program:
Menu menjalankan program Lucid Java, silahkan tunggu sampai mencapai 100%

Kunci identifikasi Lucid Java terdiri atas menu yang disertai dengan bilah ikon. Menu terdiri atas Key, Features, Entities, dan View. Sebagian dari submenu dari menu tersebut ditampilkan sebagai ikon pada bilah ikon (icon bar) di bawah menu.
Menu dan bilah ikon
Di sebelah menu dan bilah ikon terdapat layar yang terbagi menjadi empat bagian. Silahkan klik untuk mempelajari apa yang dapat dilakukan dengan keempat menu tersebut beserta submenunya.

Bagian terpenting yang perlu Anda pahami dalam penggunaan kunci Lucid adalah layar yang terbagi menjadi empat bagian yang terdiri atas dua baris (atas dan bawah) dan dua kolom (kiri dan kanan) sebagai berikut:
  • Kotak atas sebelah kiri disebut kotak fitur tersedia (available features), memuat seluruh fitur yang digunakan untuk melakukan identifikasi.
  • Kotak atas sebelah kanan disebut kotak entitas tersisa (remaining entities), berisi spesies OPT yang masih tersisa setelah memilih satu atau lebih fitur pada kotak atas sebelah kiri. Sebelum satu fitur pada kotak fitur tersedia dipilih, kotak ini berisi seluruh spesies OPT yang dapat diidentifikasi dengan menggunakan kunci Lucid yang digunakan.
  • Kotak bawah sebelah kiri disebut kotak fitur terpilih (features chosen), berisi daftar fitur yang telah dipilih dari kotak fitur tersedia. Sebelum satu fitur pada kotak fitur tersedia dipilih, kotak ini kosong.
  • Kotak bawah sebelah kanan disebut entitas terbuang (entities discarded), berisi spesies OPT yang terbuang setelah satu atau lebih fitur dipilih pada kotak fitur tersedia. Sebelum satu fitur pada kotak fitur tersedia dipilih, kotak ini kosong.
Layar yang terbagi menjadi empat bagian, dari atas kiri mengikuti arah jarum jam: fitur tersedia, entitas terpilih, entitas terbuang, dan fitur terpilih

Perhatikan kotak fitur tersedia. Tersedia 11 fitur utama yang dapat dibuka dengan mengklik tanfa + di sebelah kanannya untuk mengakses fitur. Satu fitur utama, yaitu kelompok utama OPT (major pest groups), selain mempunyai fitur untuk dipilih, juga mempunyai fitur kuantitatif panjang badan yang dapat diisikan pada kotak yang tersedia. Silahkan klik tanda plus di depan fitur utama kelompok utama OPT, maka akan tampak fitur ordo serangga Hemiptera, Lepidoptera, Coleoptera, Thysanoptera, Diptera, Hymenoptera, dan Orthoptera yang merupakan ordo serangga yang mempunyai spesies yang berstatus OPT pada jeruk. Di bagian depan setiap nama ordo terdapat kotak yang tersedia untuk dipilih dengan cara mengklik. Silahkan klik kotak di depan nama ordo Hemiptera dan perhatikan apa yang terjadi pada kotak fitur terpilih, entitas tersisa, dan entitas terbuang.
Layar setelah 1 dari 11 fitur utama pada kotak fitur tersedia dipilih, yaitu  fitur Hemiptera dari fitur utama kelompok utama OPT
Setelah satu fitur Hemiptera pada fitur utama kelompok utama OPT dipilih, fitur tersebut dengan sendirinya tampil pada kotak fitur terpilih (bawah sebelah kiri). Pada kotak entitas tersisa (atas sebelah kanan) tersisa 21 spesies OPT dan pada kotak entitas terbuang (bawah sebelah kanan) terbuang 32 spesies OPT dari keseluruhan 53 spesies OPT jeruk yang dapat diidentifikasi dengan menggunakan kunci Lucid yang digunakan.

Selanjutnya pilih satu fitur utama lagi pada kotak fitur tersedia, misalnya klik tanda + di sebelah kiri fitur utama bentuk tubuh bersayap (Winged body shapes) dan kemudian pilih fitur kutu loncat (Psyllids).
Layar setelah 2 dari 11 fitur utama pada kotak fitur tersedia dipilih, yaitu  fitur Hemiptera dari fitur utama kelompok utama OPT dan fitur kutu loncat dari fitur utama bentuk tubuh bersayap
Setelah satu lagi fitur dipilih, yaitu fitur kutu loncat pada fitur utama bentuk tubuh bersayap,  fitur yang dipilih dengan sendirinya tampil pada kotak fitur terpilih (bawah sebelah kiri). Pada kotak entitas tersisa (atas sebelah kanan) kini tersisa hanya 2 spesies OPT dan pada kotak entitas terbuang (bawah sebelah kanan) terdapat 51 spesies OPT. Tugas Anda sekarang tinggal memilih dua spesies OPT yang tersisa pada kotak entitas tersisa. Untuk memilih satu di antara kedua spesies OPT yang tersisa tersebut, Anda dapat memilih satu fitur pada salah satu fitur utama yang tersedia pada kotak fitur tersedia. Silahkan coba sendiri sampai yang tersisa pada kotak entitas tersisa hanya satu spesies OPT.

Misalkan setelah Anda mencoba tersisa satu spesies OPT, yaitu kutu loncat jeruk asia Diaphorina citri. Sekarang geser layar penuh ke atas sehingga di bagian bawah tampak tepi bawah kotak pada baris bawah. Di bagian bawah kedua kotak terdapat tab Trees dan Lists di bagian bawah kotak sebelah kiri dan Trees, Lists, dan Images di bagian bawah kotak sebelah kanan. Mengkilik tab lists akan menyebabkan item pada kedua kotak di atasnya ditampilkan dalam bentuk daftar, mengklik tab trees akan mengembalikannya ke tampilan dendogram (diagram cabang). Mengklik tab Images akan menampilkan gambar spesies yang tersisa pada kotak entitas tersisa. Gambar juga akan ditampilkan dengan mengklik kotak gambar di depan setiap nama spesies OPT yang masih ada di dalam kotak tersisa.
Foto kutu loncat jeruk asia Diaphorina citri

Untuk memperoleh deskripsi kutu loncat jeruk asia tersebut, silahkan klik menu Factsheet sehingga tampil layar Factsheet:
Layar utama menu Facksheet
Pada bagian atas layar tampil abjad a, b, c, d, e, dan seterusnya untuk diklik guna menampilkan nama umum serangga (dalam bahasa Inggris) hasil identifikasi. Kutu loncat jeruk asia yang nama bahasa Inggrisnya dimulai dengan huruf a (asian citrus psyllid), namanya dengan sendirinya tampil pada layar utama. Silihkan klik nama tersebut untuk memperoleh deskrisp lengkap spesies OPT yang bersangkutan disertai dengan sejumlah foto yang dapat diklik untuk memperbesar.
Layar deskripsi OPT kutu loncat jeruk asia Diaphorina citri

Setelah mempelajari penggunaan kunci Lucit Java untuk mengidentifikasi OPT golongan hama (serangga) pada jeruk sebagaimana yang saya uraikan di atas, mungkin Anda bertanya, apakah kunci tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi seluruh OPT golongan serangga. Jawabannya tentu saja tidak sebab kunci identifikasi tersebut dibuat untuk mengidentifikasi OPT golongan serangga pada tanaman jeruk di Amerika Serikat. Untuk mengidentifikasi seluruh spesies OPT golongan serangga pada tanaman jeruk yang terdapat di Indonesia perlu dibuat kunci Lucid tersendiri. Sampai saat ini kunci identifikasi seperti itu belum tersedia, mungkin karena para doktor dan profesor bidang taksonomi dan bidang hama jeruk semuanya sangat sibuk. Atau mungkin juga karena mereka semuanya berpendidikan linier, sebagaimana diharuskan pemerintah Indonesia, sehingga tidak ada yang mengerti merancang kunci identifikasi dengan menggunakan bahasa Lucid atau bahkan sama sekali tidak mengerti pemorograman komputer.

Tautan Luar:
Identifikasi gulma berdaun lebar jeruk dan daftar spesies gulma jeruk dari UC IPM Online
Kunci identifikasi Lucid pada situs Australian Tropical Rainforest Plants 
Kunci identifikasi famili tumbuhan monokotil pada situs eMonocot