Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

Melakukan Identifikasi Gulma dengan Menggunakan Kunci Identifikasi Daring

Print Friendly and PDF
Setelah membaca tulisan sebelumnya, saya berharap Anda telah memahami apa itu klasifikasi dan nama ilmiah. Dengan membaca tulisan itu, saya berharap bukan hanya Anda dapat melakukan klasifikasi dan menggunakan nama ilmiah gulma, tetapi juga melakukan klasifikasi dan menggunakan nama ilmiah tumbuhan pada umumnya, termasuk tanaman (tetapi khusus untuk klasifikasi dan tata nama tanaman, Anda masih harus mempelajari ICNCP). Saya tidak ingin Anda menuliskan nama ilmiah dalam judul skripsi seperti ini "PENGENDALIAN KIRINYU (CHROMOLAENA ODORATA (L.) R.M, KING & H. ROB.) MENGGUNAKAN LALAT PURU (CECIDOCHARES CONNEXA  (MACQUART, 1848))". Tentukan sendiri, di mana kesalahan penulisan nama ilmiah pada judul skripsi ini,

Sekarang mari kita mempelajari identifikasi gulma. Dalam biologi, identifikasi (identification) berarti menentukan apa nama ilmiah suatu individu mahluk hidup. Misalnya, ketika Anda menemukan gulma golongan pohon dengan foto berikut:


Pada foto di atas, A dan B: perilaku tumbuh, C: batang berbintik-bintik halus berwarna putih, cabang berduri kayu, D: daun majemuk dua kali, E: bunga berbentuk membundar dalam rangkaian terletak pada ketiak daun, F: buah polong membesar pada bagian yang berisi biji, G: biji berwarna hitam pada kotoran sapi, H: anakan berduri, dan I: tumbuhan muda berduri kayu tajam sangat banyak. Dalam hal ini, mengidentifikasi berarti menemukan nama spesies berlaku untuk spesies gulma golongan pohon yang fotonya tertera di atas.

Untuk melakukan identifikasi, kita memerlukan kunci identifikasi (identification key), yaitu alat, baik tercetak maupun terkomputerisasi, yang digunakan untuk membantu proses identifikasi suatu individu mahluk hidup. Kunci identifikasi dibedakan menjadi dua kelompok besar:
  • Kunci akses-tunggal (single-acces key): identifikasi dilakukan dengan mengikuti urutan tetap langkah-langkah yang telah ditentukan, setiap langkah harus memilih satu dari sejumlah ciri yang tersedia sebagai pilihan, dan ciri yang dipilih menentukan langkah selanjutnya. Bila pada setiap langkah disediakan hanya dua pilihan ciri maka kunci akses-tunggal ini disebut kunci dikotomis (dichotomous ke), bila pilihannya banyak ciri disebut kunci polikotomis (polichotomous key). Contoh: kunci polikotomis untuk identifikasi gulma yang disediakan oleh Ontario Crop IPM, Ontario, Canada.
  • Kunci akses-ganda (multi-access key): orang yang melakukan identifikasi boleh memilih langkah-langkah yang akan dilakukan mulai dari ciri apa dan kemudian melanjutkan ke ciri lainnya yang mana. Contoh: kunci akses-ganda Weed of Australia identification tool yang disediakan oleh Queensland Government, Australia.
Kunci akses-ganda merupakan kunci yang semakin banyak dibuat saat ini dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh IDTools. Silahkan kunci akses-ganda untuk identifikasi berbagai kelompok organisme lainnya pada situs tersebut.

Kita akan belajar melakukan identifikasi gulma dengan menggunakan kunci akses-ganda Weed of Australia identification tool. Sebelum memulai, saya perlu mengingatkan bahwa kunci ini dibuat untuk mengidentifikasi gulma di Australia. Oleh karena itu, tidak semua jenis gulma yang ada di Indonesia dapat diidentifikasi dengan menggunakan kunci ini. Di sini saya menggunakan kunci tersebut lebih untuk memberikan contoh kepada Anda bagaimana cara menggunakan kunci akses ganda untuk mengidentifikasi gulma. Bagi Anda yang ingin menggunakan kunsi akses tunggal, silahkan pelajari sendiri cara menggunakan kunci polikotomis yang disediakan oleh Ontario Crop IPM, Ontario, Canada.

Untuk memulai, mari kita klik kunci akses-ganda Weed of Australia identification tool sehingga di layar tampil halaman sebagai berikut:


Pada layar di atas terdapat menu Launch Identification Session dan Media Preferences. Sebelum memulai, silahkan lakukan pengaturan Media Preferences, Untuk mengatur Media Preferences, kilik tanda + di sebelah kanan dari setiap pilihan. Pilihan tersebut adalah Thumbnails, pilih Show Thumbnails; Image Viewers, pilih Use Flash atau Use JavaScript (setelah dipastikan pada komputer telah terpasang yang mana); Display Feature Images, pilih salah satu, Galery atau List, Window Mode, pilih Four Windows, dan terakhir Quick Start Guide, klik untuk mempelajari layar yang akan tampil pada saat memulai.

Untuk memulai, mari kita klik menu  Launch Identification Session. Tapi sebelumnya, sebaiknya klik dahulu menu Tips on Identifying dan kemudian baca Best Practice Guideline for Making an Identification untuk memperoleh tips penting dalam melakukan identifikasi. Setelah tombol Launch Identification Session diklik maka akan tampil layar utama sebagai berikut:


Perhatikan bahwa di bagian atas terdapat bilah peralatan (toolbar) dan tombol berbagi melalui Facebook, Tweeter, Google+, dan email. Abaikan dahulu fitur berbagi dan perhatikan bilah peralatan dengan jenis peralatan sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut (silahkan klik untuk memperbesar):


Untuk menggunakan peralatan yang terdapat pada bilah peralatan, terlebih dahulu kita harus mulai melakukan identifikasi dengan memilih salah satu dari fitur yang terdapat dalam kotak Fitur tersedia. Namun pada saat ini, belum semua peralatan yang terdapat dalam bilah peralatan dapat berfungsi sehingga penggunaannya bisa diabaikan.

Dalam kotak Fitur tersedia terdapat sejumlah kelompok fitur dengan tombol + di depannya. Bila tanda + tersebut kita klik maka akan tampil fitur yang termasuk ke dalam kelompok yang bersangkutan, juga dengan tombol + di depannya. Bila tombol + di depan fitur tersebut kita klik maka akan tampil sejumlah pilihan untuk fitur tersebut. Misalkan kelompok fitur Flower Characters (ciri bunga), terdiri atas fitur-fitur Flower Type (tipe bunga), Flower Structure (struktur bunga), Flower Colour (warna bunga), Flower Size (ukuran bunga), Number of Petals or Rays (jumlah helai tajuk),  Number of Sepals or Calyx Segmen (jumlah helai mahkota), dan Inflorescence Types (tipe perbungaan). Setiap pilihan disertai dengan gambar yang bila kita klik akan ditampilkan gambar dalam ukuran lebih besar. Untuk fitur-fitur tertentu, sebaiknya kita memilih salah satu dari pilihan yang tersedia dengan mengklik tombol di bawah gambar, untuk fitur tertentu lainnya kita bisa memilih beberapa pilihan sekaligus. Misalnya, kelompok fitur Flower Characters terdiri atas sejumlah fitur, di antaranya fitur Flower Colour. Untuk memilih ciri dari fitur tersebut, klik tanda + di depan nama fitur, maka akan tampil pilihan warna bunga. Untuk memeriksa pilihan yang tersedia, sebelum memilih salah satu ciri, klik gambar yang disediakan di atas nama pilihan untuk memperbesar gambar sehingga ciri dapat tampil lebih jelas.


Sekarang, cobalah lakukan identifikasi jenis gulma dengan ciri-ciri sebagaimana tampak pada gambar (foto) paling atas dengan memilih sendiri, memulai dari kelompok fitur yang mana. Setiap kali Anda memilih satu fitur dari suatu kelompok fitur maka fitur yang Anda pilih akan ditampilkan dalam kotak Fitur dipilih. Bersamaan dengan itu, entitas yang mempunyai ciri sebagaimana fitur yang dipilih akan ditampilkan dalam kotak Entitas tersisa, sedangkan entitas yang tidak mempunyai ciri sebagaimana fitur yang dipilih akan ditampilkan dalam kotak Entitas dibuang. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan entitas adalah seluruh spesies gulma yang tersedia dalam basis data Weeds of Australia, sedangkan yang dimaksud dengan fitur adalah karakteristik atau ciri morfologis tertentu dari bagian-bagian tumbuhan yang terdaftar dalam basis data Weeds of Australia. Karakteristik morfologis tersebut adalah sebagaimana telah dijelaskan dalam tulisan mengenai morfologi tumbuhan (bagian 1 dan bagian 2). Itulah sebabnya, sebelum mempelajari cara mengidentifikasi gulma, Anda perlu mempelajari morfologi tumbuhan. Mudah-mudahan sekarang Anda bisa memahami mengapa demikian.

Misalkan Anda memilih kelompok fitur Distribrtion Characters (ciri sebaran geografik) dan dari kelompok fitur itu Anda memilih fitur Distribution - by climatic region (distrribusi berdasarkan zona klimatik) dan kemudian memilih tropical (tropis). Nama fitur tersebut akan secara otomatis muncul dalam kotak Fitur dipilih dan angka pada Fitur dipilih berubah dari 0 menjadi 1. Entitas tersisa berubah dari 1021 menjadi 440 karena sebanyak 581 entitas telah dipindahkan ke dalam kotak Entitas dibuang. Artinya, dari 1021 entitas spesies gulma yang terdapat dalam basis data Weeds of Australia, hanya 440 entitas spesies gulma yang terdapat di kawasan tropis. Selebihnya, yaitu 581 entitas spesies gulma lainnya tidak terdapat di kawasan tropis.


Teruskan memilih fitur dalam kotak Fitur dipilih sampai pada kotak Entitas tersisa masih ada hanya satu entitas. Mungkin Anda tidak perlu harus memilih ciri dari semua fitur tersedia untuk menyisakan hanya satu entitas pada kotak Entitas tersisa. Untuk entitas tertentu, Anda mungkin harus memilih ciri dari semua fitur tersedia yang ada dalam kotak Fitur tersedia untuk menyisakan hanya satu entitas dalam kotan Entitas tersisa. Hal ini sangat bergantung pada kesamaan ciri antara jenis gulma yang diidentifikasi dengan jenis-jenis gulma lainnya yang terdapat dalam basis data Weeds of Australia. Untuk jenis-jenis gulma dengan ciri-ciri yang sangat unik, Anda mungkin hanya perlu memilih ciri beberapa fitur saja untuk melakukan identifikasi.

Ketika terdapat hanya satu entitas dalam kotak Entitas tersisa, bukan berarti Anda sudah berhasil mengidentifikasi spesies gulma dengan benar. Untuk memastikan apakah Anda sudah berhasil mengidentifikasi atau belum, silahkan klim foto yang terdapat di sebelah kiri nama ilmiah dari entitas yang masih ada dalam kotak Entitas tersisa. Begitu Anda mengklik foto tersebut, di layar akan tampil beberapa foto yang menampilkan ciri-ciri morfologis yang Anda dapat bandingkan dengan ciri-ciri morfologis yang dapat dilihat pada foto di awal tulisan ini. Jika foto yang tampil ternyata tidak cocok maka Anda harus mengulangi proses identifikasi. Anda dapat mengulangi dengan memindahkan memilih ciri lain pada fitur yang dipilih, menambahkan atau mengurangi fitur yang dipilih, atau bahkan mengulangi dari awal dengan mengklik peralatan Reset (ulangi) pada lajur peralatan.

Silahkan terus mencoba sampai Anda dapat memperoleh satu entitas tersisa dengan ciri-ciri yang sama dengan ciri-ciri pada gambar yang ditampilkan pada awal tulisan ini. Jika Anda sudah memperoleh satu entitas seperti itu maka nama ilmiah yang tercantum di sebelah kanan foto satu-satunya entitas dalam kotak Entitas tersisa adalah nama ilmiah spesies hasil identifikasi. Salin nama tersebut dan kemudian tempel dalam kotak pemeriksaan nama ilmiah GBIF.org, The Plant List, atau ITIS, untuk memastikan apakah nama ilmiah tersebut merupakan nama ilmiah berlaku. Dengan menggunakan layanan pemeriksaan nama ilmiah tersebut, Anda juga dapat menentukan klasifikasi dan nama ilmiah gulma yang diidentifikasi. Dan sekaligus, Anda telah bisa menggunakan Internet untuk tujuan belajar, bukan hanya untuk menyalin tulisan untuk ditempel pada saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen (yang belum terbiasa menggunakan Internet untuk pembelajaran secara benar).

Setelah berhasil mengidentifikasi, silahkan sebutkan nama ilmiah diterima untuk jenis gulma yang Anda identifikasi dalam kotak komentar di bawah ini. Kemudian sebutkan kesulitan apa yang Anda alami dan tanyakan cara mengatasinya. Saya tunggu hasil identifikasi dan komentar Anda sampai minggu depan. Bila sudah mahir menggunakan kunci identifikasi akses-ganda daring tersebut, Anda boleh mengunduh app-nya untuk ponsel Android dari Google Play. Tapi maaf, app tersebut tidak gratis, Anda harus membayar Rp 93.767,- untuk dapat menggunakannya.