Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

3.1.1. Pola Pertumbuhan Gulma: Bagaimana mengukur gulma tumbuh semakin banyak dan semakin beragam?

Print Friendly and PDF
Anda yang sudah terbiasa berkunjung ke lahan pertanian pasti tahu, bagaimana gulma tumbuh dari semula tidak ada pada saat tanah baru diolah dan kemudian menjadi banyak dalam beberapa minggu berikutnya. Gulma menjadi banyak bukan hanya dalam hal jumlahnya, tetapi juga dalam hal jenisnya. Pertumbuhan gulma dalam jumlah dan jenis merupakan pertumbuhan gulma secara ekologis. Materi kuliah ke depan berkaitan dengan pertumbuhan dalam konteks ekologis sebagaimana yang telah saya sebutkan.



Gulma terdiri atas banyak jenis, sebagaimana sudah Anda pelajari melalui kegiatan belajar Modul 2. Setiap jenis tumbuh semakin banyak jumlahnya, berkecambah dari bank benih yang ada dalam tanah. Jumlah individu setiap jenis gulma yang tumbuh dalam satu satuan luas permukaan lahan pada suatu lokasi dan waktu tertentu, katakan misalnya 1 m2, disebut kepadatan (density) atau padat populasi (population density) jenis gulma yang bersangkutan. Anda akan melakukan praktikum untuk mengukur padat populasi jenis gulma.

Mengukur padat populasi jenis gulma
Selain tumbuh dengan menambah jumlah, setiap jenis juga tumbuh dengan menambah ukuran. Bertambahnya ukuran setiap individu jenis gulma akan menambah tutupan (cover) jenis gulma yang bersangkutan. Tutupan satu jenis gulma menyatakan luas permukaan tanah yang ditutupi oleh tajuk seluruh individu gulma jenis tertentu pada suatu lokasi dan waktu tertentu. Tutupan jenis gulma menyatakan kelimpahan (abundace) gulma yang bersangkutan. Anda akan melakukan praktikum untuk mengukur tutupan jenis gulma.

Mengukur tutupan jenis gulma
Selain tumbuh semakin banyak dan semakin melimpah, gulma juga tumbuh semakin menyebar. Persebaran gulma dalam satu lahan areal memungkinkan seseorang semakin sering menemukan jenis gulma tersebut ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lain di suatu hamparan lahan pertanaman. Persebaran gulma diukur sebagai frekuensi (frequency) jenis gulma, yaitu berapa kali gulma yang sama ditemukan dalam petak ukuran tertentu (kuadrat) yang ditempatkan secara acak di permukaan suatu bidang lahan. Anda akan melakukan praktikum untuk mengukur frekuensi jenis gulma.


Frekuensi gulma: gulma berdaun lebar muncul dalam berapa petak?
Penjumlahan nilai kepadatan, tutupan, dan frekuensi jenis gulma hasil pengukuran di lapangan menghasilkan dominansi (dominance).

Silahkan baca Kegiatan Belajar 1 https://drive.google.com/open?id=1ePwta1ardNdN9JtVdsJIFdGoCQ6Ddc8F untuk mendalami materi pembelajaran ini.