Selamat Datang

Terima kasih Anda telah berkenan mengunjungi blog matakuliah Ilmu Gulma. Blog ini bukan blog saya, melainkan blog mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah Ilmu Gulma. Dengan blog ini diharapkan mahasiswa dapat mempelajari Ilmu Gulma dengan dukungan teknologi informasi. Selain untuk mahasiswa, tentu saja blog ini juga terbuka bagi siapa saja yang berminat mempelajari gulma. Silahkan menjelajah dan mahasiswa peserta kuliah Ilmu Gulma semester ganjil 2017/2018 diwajibkan menyampaikan komentar dan/atau pertanyaan terhadap materi dengan judul yang dimulai dengan kode 3.1.1 dan seterusnya sebagai tugas. Mahasiswa WAJIB mengecek kembali komentar dan/atau pertanyaan yang sudah pernah disampaikan dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen pengampu.

Daftar Istilah Morfologi Tumbuhan

Klik huruf awal istilah di bawah ini untuk mencari definisi:
A, B, C, D-E, F-H, I-L, M-O, P, Q-R, S, T-U, V-Z, dari New South Wales Flora Online
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J-K, L, M, N, O, P-Q, R, S, T, U, V, W-Z, dari Flora Australia
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Z, dari Angiosperm Phylogeny Website
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
istilah tumbuhan palma dari PALMweb

Daftar Spesies Gulma Global

Berikut adalah daftar nama ilmiah spesies gulma global menurut Global Compendium of Weeds:
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X,Y, Z
Silahkan klik huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama genus gulma untuk memperoleh deskripsi spesies gulma.

3.1.3. Dinamika Komunitas Gulma: Apa itu komunitas gulma dan bagaimana mengukur perkembangannya?

Print Friendly and PDF
Komunitas merupakan seluruh jenis (spesies) gulma yang terdapat pada suatu lahan pertanaman pada waktu tertentu. Tahukan Anda jenis-jenis gulma apa saja yang terdapat pada lahan pertanaman jagung di suatu desa di pedalaman Timor pada musim tanam 2017/2018? Untuk mengetahuinya, tentu saja Anda perlu melakukan penelitian. Dalam melakukan penelitian, Anda dapat mengukur padat populasi, tutupan, berat kering, frekuensi, dsb., untuk setiap jenis gulma yang terdapat pada lahan tersebut. Yang mana yang Anda ukur bergantung pada tujuan penelitian Anda.

Dinamika komunitas gulma, sebagaimana halnya dinamika populasi gulma, berkaitan dengan perubahan ukuran komunitas gulma seiring dengan perubahan waktu dan dari satu tempat ke tempat lainnya. Tentu saja, karena melibatkan banyak jenis gulma, pengukurannya menjadi lebih rumit. Selain mengukur ukuran untuk setiap jenis gulma, Anda juga perlu mengukur perbandingan antar jenis gulma. Misalnya, Anda mungkin perlu mengukur perbandingan bank biji antar jenis gulma. Mungkin juga Anda perlu mengukur perbandingan waktu berkecambah antar jenis gulma untuk memperoleh profil perkecambahan jenis-jenis gulma.

Profil perkecambahan berbagai jenis gulma
Anda mungkin ingin mengetahui perubahan dominansi gulma seiring dengan perubahan waktu dengan mengukur kepadatan, tutupan, dan frekuensi setiap jenis gulma seiring dengan perubahan fase perkembangan tanaman. Misalnya, jenis-jenis gulma apa saja yang dominan pada fase kecambah tanaman jagung, fase menjelang berbunga, dan fase pengisian biji. Mudah-mudahan saja di antara Anda nanti ada yang berminat melakukan penelitian skripsi mengenai hal ini. Selama ini sangat sedikit mahasiswa yang meneliti gulma, padahal gulma merupakan kendala produksi yang sangat penting pada pertanian lahan kering.

Seperti dinamika populasi gulma, dinamika komunitas gulma juga berkaitan dengan waktu dan ruang. Dinamika perubahan komunitas gulma dapat Anda pelajari dengan mengukur kepadatan, tutupan, dan frekuensi setiap jenis gulma pada jarak tertentu dari satu tempat ke tempat lainnya. Misalnya, mungkin Anda ingin tahu mengapa petani di pedalaman Timor lebih suka membuat ladang jagung pada lahan miring dibandingkan dengan pada lahan datar. Mungkin jawabannya adalah karena pada lahan miring terdapat lebih sedikit gulma daripada pada lahan datar. Untuk membuktikannya, Anda dapat menelitinya dengan mengukur kepadatan, tutupan, dan frekuensi gulma seiring dengan arah kemiringan lahan sampai ke lahan datar di bagian bawahnya.